...
Data dan Fakta Gunung Bromo

Begini Data dan Fakta Gunung Bromo, Para Traveler Wajib Tahu!

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah dengan menyimpan banyak keunikan yang masuk dalam pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang dengan menawarkan keindahan yang menakjubkan serta dilengkapi dengan berbagai destinasi tempat nongkrong lainnya seperti cafe bromo instagramable. Hal inilah yang membuat Gunung bromo menjadi sangat populer dikalangan wisatawan lokal hingga internasional berkunjung ke Bromo.

Begini data dan Fakta Gunung Bromo bagi anda para traveller yang wajib kamu ketahui dalam wisata Bromo.

Sejarah Nama Gunung Bromo

Sebagian orang percaya bahwa pada masa lalu, ketika kerajaan Majapahit diserang dari berbagai wilayah, penduduk asli kebingungan untuk mencari tempat tinggal. Pada akhirnya mereka pergi dan terpisah menjadi dua bagian. Yang pertama menuju ke gunung Bromo, dan yang kedua menuju ke pulau Bali. Kedua tempat ini masih menganut kepercayaan Hindu sampai sekarang.

Berdasarkan kisah dan legenda, Gunung Bromo diambil dari nama Brahma yang memiliki arti Gunung yang dianggap suci oleh para suku tengger dimana kemudian orang Jawa menyebutnya dengan sebutan Gunung Bromo. Suku tengger adalah penduduk asli yang tinggal di kaki gunung Bromo Semeru, dan mereka berasal dari penduduk pribumi kerajaan Majapahit. Mereka percaya bahwa nama Tengger berasal dari legenda Roro Anteng dan Joko Seger, dengan akhiran “Teng” dari nama Roro Anteng dan “GER” dari nama Joko Seger. Jadi, mereka masih menganggap Bromo sebagai gunung suci. Gunung itu pertama kali disebut Gunung Brahma, dan orang Jawa kemudian menyebutnya Gunung Bromo.

Lokasi Geografis dan Administrasi Gunung Bromo

Perlu anda ketahui bahwa gunung Bromo berada di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang. Adapun posisi geografis antara 8°06′ LS serta 120°55′ BT. Namun, oleh pemerintah, letak dan posisi ini digunakan sebagai perbatasan empat kabupaten di Jawa Timur yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Empat kabupaten ini berfungsi sebagai jalur akses menuju Gunung Bromo.

Gunung berapi Bromo terletak di Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Meskipun gunung bromo dan gunung semeru berada di satu wilayah Taman Nasional, keduanya berjarak cukup jauh satu sama lain. Gunung bromo berada di sebelah utara gunung semeru, berjarak lebih atau kurang 18 km dari pusat kawah kedua gunung berapi.

Kawah Gunung Bromo

Salah satu tujuan utama saat berada di Gunung Bromo adalah wisata Kawah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sangat jarang untuk melihat secara langsung kawah raksasa yang masih aktif di kawah ini. Melihat kawah aktif dari bibir kawah adalah pengalaman yang sangat dekat dengan pusat kawah Gunung Bromo.

Informasi singkat: Kawah Gunung Bromo memiliki diameter 800 meter dari selatan ke utara dan kira-kira 600 meter dari barat ke timur. Selain itu, kawah ini juga memiliki area berbahaya yang berbentuk lingkaran dengan jarak sekitar empat kilometer dari pusat kawah Gunung Bromo.

Gunung Bromo, yang memiliki ketinggian kira-kira 2.392 meter di atas permukaan laut, terletak pada salah satu sudut Kaldera raksasa Lautan Pasir Gunung Tengger Bromo.

Suhu di Gunung Bromo

Gunung Bromo terkenal dengan gurun pasirnya dan pemandangan matahari terbit, tetapi juga terkenal dengan udaranya yang dingin. Suhu di wilayah Gunung Bromo bahkan bisa mencapai 0 derajat Celcius dalam situasi tertentu. Dan tidak jarang suhu yang sangat dingin menyebabkan banyak wisatawan mengalami keluhan bibir pecah-pecah karena dinginnya suhu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kisaran suhu di Gunung Bromo jika ingin berencana mengunjunginya agar anda bisa menyiapkan ootd Bromo atau outfit yang pas dan juga nyaman saat anda ke Bromo

Begini Suhu di Gunung Bromo di Musim Penghujan

Pada siang hari, suhu dapat mencapai 15-20 derajat Celcius, dan pada malam hari, dapat mencapai 10–15 derajat Celcius dimana suhu di Gunung Bromo pada musim penghujan tidak lebih rendah dari musim kemarau. Adapun agar anda tetap nyaman, maka kamu sebaiknya menyiapkan jaket dan sarung tangan yang tebal yang bisa membantu kamu dapat mengatasi cuaca yang cukup dingin.

Begini Suhu di Gunung Bromo di Musim Kemarau

Di kawasan cemoro lawang dan lautan pasir suhu dapat berkisar 10 hingga 12 derajat celcius diwaktu siang hari pada musim kemarau. Sedangkan pada kawasan penanjakan suhu dapat mencapai 5 hingga 10 derajat celcius. Bahkan diwaktu malam hari, suhu bisa menjadi lebih rendah hingga dapat mencapai 0 derajat celcius. Maka penting untuk membawa pakaian yang tepat dan bisa membuat kamu tetap hangat.

Aturan Wisata di Bromo

Sangat penting untuk memahami aturan yang berlaku di Gunung Bromo sebelum berlibur. Aturan ini termasuk aturan tentang cara benar pemesanan tiket secara online, pengaturan pembatasan tentang penggunaan mobil pribadi di area wisata, dan larangan memetik bunga Edelweis yang tumbuh di Bromo, dan peraturan lainnya.

Untuk penggunaan mobil pribadi, menurut peraturan, mobil pribadi hanya diperkenankan memasuki Taman Nasional Bromo untuk tujuan tertentu, seperti untuk syuting film atau alasan lain yang jelas membutuhkan izin dari pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Cara Menuju Bromo

Bagi anda yang berwisata ke Bromo dengan menggunakan mobil pribadi maka hal tersebut diperbolehkan tetapi dengan ketentuan hanya dapat digunakan hingga di pintu masuk Bromo atau rest area Bromi saja. Dan selanjutnya agar anda bisa memasuki kawasan wisata bromo, maka anda bisa menyewa jeep atau mobil Toyota Hardtop 4×4 yang telah menjadi ketentuan wajib bagi para wisatawan.

Ketinggian Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, dengan tubuhnya yang bertautan dengan lembah, ngarai, dan kaldera yang sangat luas yang mencapai 10 km persegi. Gunung Bromo memiliki bentuk kawah raksasa di samping belakang gunung Batok. Gunung Widodaren dan Gunung Semeru berada di belakangnya, dengan yang terakhir terlihat paling belakang dan menjulang tinggi.

Gunung Bromo memiliki kawah yang sangat lebar dan terbuka. Dilaporkan bahwa diameter kawah adalah 600 meter dari barat ke timur dan 800 meter dari utara ke selatan. Jika Anda melihat dengan teliti, Anda akan melihat asap yang muncul dan membumbung dari dalam kawah, menunjukkan bahwa gunung ini tetap aktif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *