...
8 tips backpacker untuk pemula

8 Tips Backpacker untuk Pemula

Dengan dibukanya kembali tempat-tempat wisata populer pasca Covid-19, kamu bisa membuat perencanaan mulai dari sekarang. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi dan hal-hal yang bisa dipelajari. Karena setiap pengalaman adalah pelajaran yang berharga. Untuk itu sobat backpaker, siapkan diri kamu sekarang!

Persepsi bahwa liburan itu menguras biaya besar, kini sudah mulai luntur. Kamu bisa liburan hemat dengan menjadi backpacker. Jadi gimana sih backpacker itu?

Liburan ala backpacker akan mampu memangkas banyak pengeluaran sekaligus menambah pengalaman kamu untuk jalan-jalan. Kamu bisa merasakan liburan ala warga lokal dengan menyusuri setiap sudut tempat yang kamu kunjungi. Alih-alih tinggal di hotel, kamu bisa mencari penginapan yang terjangkau. Alih-alih menggunakan taksi kamu bisa menggunakan transportasi umum.

Bukannya pengalaman kamu jadi berkurang, namun banyak wisatawan yang memutuskan untuk menjadi backpacker karena petualangan yang didapat malah semakin banyak. Yuk simak dulu 8 tips backpacker untuk pemula yang kami rangkum supaya kamu bisa menghemat biaya sekaligus menikmati lebih banyak petualangan selama liburan, bahkan untuk menjadi haji backpacker.

Siapkan Rencana Liburan yang Matang

Siapkan Rencana Liburan yang Matang

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah rencana liburan yang matang. Bagian ini sangat penting untuk backpacker lakukan terutama bagi kamu yang masih pemula. Panduan ini akan sangat membantu meningkatkan efisiensi dari perjalan kamu dan agar tidak berantakan.

Duh sudah tahu pentingnya rencana liburan, tapi gimana sih cara buatnya? Nah, kamu bisa tulis dulu rangkaian perjalanan misalnya dari rumah ke bandara, terus sampai Bandara Ngurah Rai ke penginapan. Terus tulis tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, kamu mau kemana saja? Buat cluster tempat wisata jadi misalkan kamu bisa pergi ke tempat-tempat wisata Bali Selatan, tempat wisata jogja terbaik atau wisata bromo terbaru dalam satu hari. Selain menghemat waktu, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi.

Lengkapi informasi sebelumnya dengan keterangan tambahan misalkan durasi perjalanan dan durasi kamu berpetualang di lokasi wisata. Masukkan juga waktu buka dan tutup dari lokasi wisata tujuan kamu dan jadwal transportasi umum yang tersedia. Dan jangan lupakan juga biaya tidak terduga seperti tiket untuk masuk ke lokasi wisata tertentu seperti contohnya tiket bromo, tiket wahana pantai di Bali, dan lainnya sebagainya

Referensi Harus Lengkap

Referensi Liburan Harus Lengkap

Dengan referensi perjalanan yang lengkap misalnya jam operasional tempat wisata dan transportasi, kamu juga bisa sekaligus melengkapi biaya tiket masuk dan transportasi. Kelengkapan referensi ini akan sangat berpengaruh saat kamu membuat rencana anggaran biaya liburan kamu.

Selain itu, dengan referensi lengkap kamu bisa menyiapkan uang tunai harian selama kamu travelling ke destinasi wisata. Hal ini untuk menghindari kamu susah menemukan mesin ATM saat uang yang kamu pegang tidak mencukupi untuk transportasi pulang. Walaupun begitu, gimana sih caranya mengumpulkan berbagai referensi dan informasi terkait lokasi wisata?

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena hidup di zaman teknologi memberikan banyak sekali keuntungan. Ada banyak review dan promo dari tempat wisata serta transportasi yang dapat kamu gunakan sebagai acuan referensi. Jika pun mereka tidak memasang harga pas, kamu bisa mengira-ngira biaya transportasi atau tiket masuk dengan membandingkan dengan tempat wisata di sekitarnya.

Packing Ringan

Packing Ringan

Packing ringan menjadi penting kalau kamu ingin menjadi backpacker handal. Jangan lagi ya bawa koper besar selama travelling, kamu akan kelelahan bermanuver selama liburan. Pilih barang-barang primer, sekunder dan kalau ada kosong boleh lah kamu memasukkan barang tersier ke ransel kamu.

Dengan packing ringan, kamu bisa liburan dengan lebih mudah sekaligus stamina kamu terjaga. Gunakan ransel kategori sedang dan besar, ditambah tas selempang kecil untuk menyimpan barang penting.

Barang kamu bisa hilang atau bahkan kelupaan jika kamu membawa terlalu banyak. Kamu jadi harus lebih waspada dan bisa jadi menarik banyak perhatian orang. Momen-momen liburan jadi berkurang karena kamu sibuk dengan koper besar yang dibawa kemana-mana.

Tips Backpacker Murah dengan Transportasi Umum

Tips Backpacker Murah dengan Transportasi Umum

Ini nih tips backpacker murah yang perlu kamu jajal sekaligus menambah petualangan selama travelling. Kamu bisa menggunakan transportasi umum untuk bepergian selama liburan. Hal penting yang perlu kamu persiapkan adalah riset rute dari transportasi tersebut dan harganya. Kamu bisa memilih menggunakan kereta api dan bus.

Kalau destinasi tempat wisata tidak terlalu jauh, kamu bisa memilih jalan kaki. Simpan ransel kamu di penginapan, dan cukup bawa tas selempang kecil untuk bepergian. Ada banyak hal unik yang kadang luput dari mata wisatawan lainnya jika kamu memilih jalan kaki selama liburan.

Prioritas Harus Jelas

Prioritas Harus Jelas

Sudah pasti dalam perjalanan kamu akan melihat banyak hal menarik dan barang unik. Kamu harus membuat skala prioritas supaya kantong kamu gak bolong. Jangan sampai rencana liburan yang sudah kamu persiapkan matang-matang harus sia-sia karena uang sakumu sudah habis untuk belanja souvenir.

Ingat kembali tujuan awal, baca kembali rencana liburan yang sudah kamu siapkan jauh-jauh hari. Liburan dengan cara backpacker memang sulit karena budget yang terbatas. Namun kamu bahkan bisa mendapatkan lebih banyak petualangan dan pengalaman dibandingkan traveller lainnya. Jadi tetap ikuti rencana awal ya sob!

Malu Bertanya Sesat di Jalan

Malu Bertanya Sesat di Jalan

Jika kamu bingung dalam mengeksplorasi destinasi wisata walaupun sudah mencari referensi yang banyak sebelumnya, kamu bisa bertanya ke warga lokal untuk membantumu. Mulai dengan senyum ramah dan sapa dengan sopan, kemudian kamu bisa lapang bertanya arah destinasi lokal, rute transportasi umum, dan tempat makan yang terjangkau.

Jangan heran kalau dari warga lokal akan memberikan kamu banyak masukan untuk berhemat selama liburan. Bisa jadi mereka dapat menawarkan kamar sewa murah atau transportasi murah lewat ngobrol singkat dengan penduduk lokal.

Jika kamu punya rencana backpacker, wisata ataupun perjalanan bisnis, selain hotel Malang, kamu juga bisa mencoba Bedpackers Hostel Malang dengan harga terjangkau. Selain bersih, kamu bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari Hostel in Malang City Center: bed & breakfast hotel kapsul Malang Bedpackers.

Destinasi Liburan Sobat Backpacker

Destinasi Liburan Sobat Backpacker

Kamu perlu menemukan destinasi liburan yang menjadi sobat backpacker. Destinasi yang ramah pada wisatawan lokal atau mancanegara membuat kamu lebih leluasa berjalan-jalan di sana.

Ada beberapa destinasi wisata yang rawan aksi kejahatan seperti copet. Hal ini membuat kamu was-was setiap kali berpetualang di tempat wisata dan ini bisa membuat tidak nyaman wisatawan. Jadi pastikan tempat wisata yang kamu tuju benar-benar sobat backpacker ya!

Selain itu, kamu perlu pastikan oleh- oleh dan makanan khas setempat, misalnya kamu ke Malang, maka pastikan kamu cek juga makanan khas Malang.

Gunakan Tiket Promo Transportasi dan Penginapan

Gunakan Tiket Promo Transportasi dan Penginapan

Jangan lupa untuk selalu update tentang promo-promo penginapan dan tiket pesawat untuk liburan kamu. Cari harga yang terjangkau namun jangan lupakan kualitas ya sob. Karena itu promo menjadi pilihan. Lihat kembali ulasan penginapan dan transportasi untuk dibandingkan dengan lainnya.

Demikian 8 tips menjadi backpacker agar kamu bisa meningkatkan skill backpacker pemula kamu dalam merencanakan liburan seperti mencari informasi budget backpacker ke Malang, ke Bandung dan destinasi lainnya. Jangan lupa untuk menikmati liburan sepuasnya, tetap hemat dan ikuti rencana liburan yang sudah kamu buat jauh-jauh hari. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Selamat berlibur akhir tahun!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *