...
Cara Memilih Hostel Hotel Kapsul

Cara Memilih Hostel Hotel Kapsul Untuk Kami Menginap

Dengan banyaknya pilihan tempat hotel kapsul kita menginap, ini membuat kita kadang bingung untuk bagaimana memilih hotel kapsul yang bagus, benar, ideal untuk kita bisa menginap di sana. Ada hotel kapsul Malang yang harganya lebih mahal ketimbang yang lain, ada yang instagramable, ada yang murah sekali, dll.

Ada hostel yang ratingnya tinggi tapi ternyata setelah masuk ke sana kamu merasa “kok sepertinya nggak sama dengan rating/ reviewnya ya?”. Nah, ini di sini akan memastikan itu tidak terjadi padamu.

Atau ada lagi misalnya, “ini hostel review nggak sebanyak itu, tapi harganya masih lumayan murah, lokasinya bagus, sepertinya menarik untuk dicoba.”

Bisa jadi ternyata kamu menemukan ‘hidden gem’ hostel di daerah tersebut.

Mungkin kamu lagi mencari hostel untuk ditempati jangka pendek atau jangka Panjang. Berikut ini adalah cara persisnya untuk kita bisa memilih hotel kapsul untuk kita bisa pilih untuk tempati di sana.

FASILITAS, HARGA, & KEUNGGULAN

Ambience-nya nyaman

Kita perlu tahu apa sih yang diunggulkan dari sebuah hostel tersebut, semua hostel akan berbeda apa yang mereka unggulkan. Bisa jadi misalnya seperti bedpackers, yang diunggulkan adalah lokasi yang strategis, dekat dari berbagai tempat utama (termasuk stasiun kereta), bed/ tempat tidurnya yang memakai springbed (bukan kapas/ kapuk) seperti kebanyakan hotel, dan menggunakan design interior sehingga orang menginap menjadi cukup nyaman.

Kamu bisa bandingkan apa keunggulan para hostel tersebut, bandingkan dengan harga jualnya, dan lihat secara umum fasilitasnya. Membandingkan seperti ini sering kali biasa dilakukan bila kamu masih baru ke satu wilayah alias belum pernah ke sana.

Bila sudah pernah ke sana, maka akan lebih aman untuk kebanyakan orang untuk Kembali ke hostel yang sudah pernah dulu alias jadi langganan.

LOKASI

Seberapa dekat lokasi sebuah hostel dengan tempat tujuanmu adalah menjadi salah satu penentu apakah kamu akan menginap di sana atau tidak. Idealnya, semakin dekat/ strategis hostel tersebut, semakin tinggi kemungkinanmu untuk menginap di sana.

Idealnya menginaplah di hostel yang lokasinya strategis, mudah ditemukan, dan dekat dari berbagai tempat tujuan sekitaran sana.

Ini akan membuatmu hemat waktu, hemat uang transport, dan membuat pengalaman jalanmu menjadi jauh lebih menyenangkan.

REVIEW/ ULASAN

Apa sih kata orang lain yang sudah menginap di sana? Semakin banyak reviewnya semakin bisa dijadikan pertimbangan. Walaupun tidak semua review hostel itu valid, namun secara rata- rata, itu cukup bisa membuat jadi bahan pertimbangan juga.

Tidak selamanya review akan memberikan kondisi sebenarnya.

Jadi misalnya pada saat seorang customer itu membuat review, bisa jadi AC nya sedang butuh service, jadi si customer tadi memberikan review jelek seputar AC nya. Bisa jadi si manajemen dari hostel tersebut langsung tanggap dan melakukan service segera setelahnya.

KEBUTUHANMU

Sering kali orang menginap di hostel itu bukan untuk menikmati hostel tersebut. Sering kali para tamu yang menginap akan keluar & menikmati kota apa yang bisa dinikmati di daerah tersebut.

Jadi bila kebutuhanmu adalah sekadar menginap, bisa jadi kamu bisa pilih hostel yang tidak terlalu mahal, tidak perlu instagramable, yang penting dekat dari mana- mana dan nyaman, harga agak murah seperti Bedpackers, kamu bisa cukup menikmati di sana.

Apalagi bila kebutuhanmu adalah untuk long stay, bisa dipastikan ‘betah’ menjadi factor utama.

Itu kenapa banyak sekali tamu di Bedpackers hostel banyak yang Kembali ke sini, karena mereka sudah betah dan menjadi langganan.

BERAPA KASUR PER RUANGAN PER METER PERSEGI

Kita perlu perhatikan seberapa besar ruangan dalam satu hostel/ room tersebut, lalu dibandingkan lagi dengan jumlah bed (ada 2 bed dalam 1 tingkat bunkbed). Ruangan yang terlalu besar akan membuat kita tidak nyaman. Termasuk jumlah bed yang terlalu banyak dalam satu ruangan, juga membuat tidak nyaman.

Batas nyamannya adalah ukuran ruangan sekitar 15m persegi an, dan jumlah maximal bed dalam satu ruangan tersebut adalah kisaran 10 bed – max 14 bed. Di atas ini, akan mulai terasa tidak nyamannya.

Orientasi bed/ bed menghadap kemana untuk bunkbed tersebut juga akan memberikan perbedaan. Ada hotel kapsul yang bed-nya dibuat menghadap ke dalam , ini membuat banyak sekali orang tidak nyaman saat tidurnya.

Lebih baik memilih bunkbed yang bed-nya menyamping.

BERAPA TOILET PER BED

Toilet selain fasilitasnya lengkap, juga bisa dipastikan rasio jumlah toilet per bed. Idealnya adalah per 5 bed – 7 bed, ada 1 toilet.

Rasio di bawah ini dianggap pemborosan, dan di atas ini akan membuat banyak tamu tidak nyaman.

Bisa dipastikan fasilitas toiletnya fungsi semua, water heater, toilet flush, semuanya berjalan normal.

Sink atau tempat cuci tangan serta cermin jelas menjadi nilai tambah untuk ada di hostel.

AC & TAAT ATURAN

Semakin banyak orang, semakin banyak aturan hostel itu perlu dibuat & dipastikan untuk dijalankan untuk kenyamanan bersama.

Kamu tentu tidak mau menginap di hostel yang bau hanya karena si penjaga hostelnya tidak tegas dan tidak berani mengingatkan untuk tidak membawa makanan bau menyengat di kamar.

Atau kamu juga pasti tidak mau menginap di hostel yang pengap/ panas hanya karena tidak ada AC nya, dan harganya hanya selisih sedikit lebih murah dengan hostel yang ada ACnya seperti di Bedpackers hostel Malang ini.

AC juga bisa dipastikan diset di suhu umum yang nyaman untuk kebanyakan orang , yaitu di kisaran 23 – 24 derajat.

KESIMPULAN

Setelah melihat semua hal penting di atas, bila standardnya terpenuhi dan harganya masuk, silahkan menginap di hostel tersebut. Namun bila fasilitas hostel ada di bawah standard, namun dia lebih menonjolkan di hal yang ‘tidak utama’ seperti misalnya ‘instagramable’, maka lebih baik kamu pilih hostel yang fasilitas utamanya bagus.

Cek juga artikel lain untuk tips pertama kali ke hostel/ hotel backpacker ya.

Bila kamu mendapatkan hostel yang fasilitasnya bagus, instagramable, kemungkinan besar harganya ada di atas hostel lainnya. Secara bujet masih masuk? Silahkan cobain menginap di sana juga.

Jadi seperti itu tadi caranya untuk kamu bisa memilih hostel mana yang cocok untuk kamu menginap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *