...
rencana backpaker pemula

8 Hal Penting dalam Merencanakan Backpackeran Pemula

Menjadi seorang backpackeran pemula adalah satu langkah paling besar bagi kita yang memang jarang atau bahkan suka eksplore tempat baru. 

Entah hanya ingin mencicipi beragam tempat wisata estetik, bersejarah, atau menantang adrenaline seperti ke pantai, laut, dan beberapa tempat serupa yang belum pernah ditemui. 

Nah, karena hal tersebut pula ada beberapa poin untuk kamu agar permulaan kamu menjelajah tempat baru lebih terencana.  

Jadi apa saja hal penting dalam merencanakan backpackeran pemula? 

Ada beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan saat akan backpacker pemula, dan mungkin ini menjadi moment pertama kamu menjelajah tempat baru. 

Jadi, apa saja? 

Tentukan Tempat Tujuan

Yang pertama adalah menentukan tempat yang ingin kamu tuju. Sebagai backpacker Indonesia untuk permulaan kamu bisa ke beberapa tempat yang tidak jauh dari tempat kamu, dan sesuai dengan jangkauanmu. Untuk dalam negeri seperti rencana backpaker ke Batu Malang, wisata bromo, liburan ke Bali, Lombok dan destinasi lokal lainnnya yang sesuai dengan kemampuan kamu

Intinya, tidak membuat kamu harus bingung ketika kamu ternyata tidak suka, dan memilih untuk berbalik arah, atau punya pemikiran lain dan lebih suka menunda untuk eksplore.

Tentukan Tujuan Kamu backpackeran

Meskipun mungkin hanya jalan-jalan, untuk melakukan hal tersebut pasti ada tujuannya. Jadi jangan karena kamu backpackeran pemula, kamu tidak punya tujuan jelas untuk beerpetualang ke tempat lain. 

Jadi, seperti agak sia-sia ketika kamu ke suatu tempat, tapi tidak ada tujuan yang jelas. Jatuhnya kamu akan membuang-buang waktu kamu. 

Tentukan budget

Selanjutnya adalah budget yang harus kamu keluarkan. Makanya sangat penting untuk poin pertama dan ke -2 ada. 

Sehingga kamu dapat mengira berapa cost yang harus kamu keluarkan untuk pengalaman pertama backpackeran kamu. 

Tentukan transportasi yang akan kamu pakai untuk dapat ke tempat tujuan

Seperti misalnya menggunakan Kereta Api, atau Bus, Travel, dll agar kamu dapat ke tempat tujuan. 

Dan hal ini harus kamu pertimbangan jauh sebelum kamu menentukan beberapa hal lain setelah itu.

Karena di sini transportasi menjadi akomodasi penting dalam perjalanan kamu. Intinya masalah kendaraan saat kamu berada di sana atau mau ke tempat tujuan, tidak perlu harus berpikir terlalu keras. 

Tentukan tempat tinggal setelah perjalanan

Terakhir adalah merencanakan tempat tinggal untuk kamu selama berada di tempat tersebut. Seperti apakah menginap di hotel kapsul untuk menghemat biaya, atau hotel berbintang yang mewah. Kamu bisa browsing tempat menginap terbaik disekitar kamu dan sesuai dengan budget kamu. Contohnya apabila kamu ke Bali, kamu bisa mencari rekomendasi hotel kapsul terbaik di Bali, atau apabila kamu di Malang, kamu bisa mencari tahu rekomendasi hotel kapsul terbaik di Malang, dan seterusnya.

Yang pasti kamu sebagai seorang backpacker pemula harus memastikan tidur yang cukup agar bisa lebih fresh dan semangat untuk berpetualang. 

Persiapkan dana darurat

Kita semua pasti tidak mau bukan saat perjalanan traveling ternyata terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah perjalan? 

Dan mau nggak mau harus kamu cover pakai uang jajan kamu per bulan (misalnya) agar kamu dapat melanjutkan perjalanan. 

Makanya sangat penting untuk kamu memiliki dana darurat saat traveling agar hal-hal seperti ini bisa kamu cover dengan baik. 

 Persiapkan barang bawaan

Setelah itu barulah kamu mempersiapkan barang bawaan kamu untuk traveling. Perlu diingat, beberapa barang penting seperti P3K harus kamu bawa. 

Hal ini memudahkan kamu ketika harus menghadapi perubahan cuaca di tempat tujuan, atau seperti tadi yaitu mengalami kejadian yang tidak terduga di tengah perjalanan. 

Alat komunikasi dalam keadaan penuh baterai dan paket data

Benar, alat komunikasi seperti ponsel atau smartphone harus dalam keadaan full baterai dan paket data. Selain dapat kamu andalkan saat akan menggunakan maps saat tersesat, juga membantu kamu untuk menghubungi seseorang yang bisa kamu mintai bantuan. 

Selain beberapa hal tadi, tips sebagai backpacker  pemula lainnya juga harus memperhatikan beberapa poin ini.

Yang pastinya akan membuat kamu lebih aman, dan aware dengan keselamatan kamu, yaitu beberapa hal yang perlu kamu hindari saat traveling. 

Jadi, apa saja poin yang perlu dihindari? 

Ada beberapa poin yang semoga dapat menjadi referensi kamu, yaitu: 

Menggunakan perhiasan yang bisa menyita banyak perhatian

Seperti misalnya menggunakan perhiasan berharga yang mana hal tersebut dapat mengundang para pencuri, pencopet, dan lainnya. 

Dan pasti ketika beberapa oknum demikian mendekati kamu, nggak hanya harta atau perhiasan yang kamu pakai, keselamatan kamu juga terancam. 

Jadi, ada baiknya menggunakan perhiasan yang menurut kamu cukup. Seperti cincin cukup di satu jari, dan sebagainya. 

Sembarangan menyimpan barang bawaan yang berharga

Contoh kecil adalah topi kesayangan kamu, atau hanya sekedar jam tangan, tapi menurut kamu banyak kenangan dari jam tangan tersebut. 

Jika hilang, yang rugi siapa ya kan? Oleh karena itu jika ingin tetap nyaman saat menikmati wisata di kota tujuan, pastikan kamu menitipkan barang di tempat penitipan barang yang aman.

Sehingga kamu traveler pemula bisa lebih enjoy dan chill dalam menikmati suasana traveling pertama kamu. 

Menyimpan uang di satu tempat

Seperti yang kita tahu bahwasannya kita tidak bisa dengan mudah memprediksi kondisi ataupun keadaan di tempat wisata yang kita tuju. 

Dan sangat besar peluangnya hal-hal buruk terjadi kepada kita, salah satunya adalah kehilangan uang dalam perjalanan. 

Apalagi jika uang tersebut adalah jumlah biaya yang dikeluarkan saat wisata di tempat tersebut. 

Makanya, perlu adanya management penempatan uang yang benar agar ketika hal tersebut terjadi kamu masih ada cadangan dana yang bisa kamu manfaatkan. 

Teledor dan mudah lupa dalam menaruh barang

Memang pada dasarnya manusia adalah makhluk tidak sempurna dan penuh dengan kekurangan. 

Tapi manusia pada dasarnya memiliki akal untuk bisa meminimalisir kekurangan tersebut agar tidak merambah ke level yang lebih parah. 

Contohnya “teledor dan mudah lupa” ini. Hal ini sangat penting untuk kamu minimkan saat bepergian, apalagi ketika akan berangkat atau pulang dari tempat tujuan. 

Wajib hukumnya untuk mengecek 2 kali barang bawaan kamu agar dapat memastikan tidak ada yang tertinggal atau tertukar.  Hal ini wajib kamu perhatikan, apalagi bagi kamu yang akan backpakeran ke destinasi yang membutuhkan perlengapan khusus seperti wisata gunung bromo, atau hiking.

Berperilaku di luar peraturan yang ada

Setiap tempat baik di sebelah rumah, atau komplek bahkan mungkin RT / RW, pasti memiliki aturannya tersendiri agar hidup lebih nyaman dan seimbang. 

Hal itu juga sangat berlaku untuk tempat wisata atau tempat tujuan saat traveling. Ada beberapa rambu atau larangan yang tidak kamu boleh langgar saat menginap di hotel contohnya. 

Dan ketika kamu melanggar, pastinya ada konsekuensi yang harus dibayar sebagai kompensasi atas perbuatan kamu. 

Kesimpulan

Dari beberapa pembahasan tadi, sangat perlu dicatat buat kamu para backpackeran pemula dalam mempersiapkan diri untuk menjelajah tempat lain.

Utamanya dalam merencanakan di awal dengan memperhatikan beberapa poin di tadi. Selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang perlu kamu hindari, saat berada di tempat orang.

Karena pada dasarnya, baik Indonesia maupun negara lain memiliki tingkat keketatan tersendiri dalam memelihara keseimbangan hidup dengan aturan yang ada. 

Makanya sebelum pergi, kamu juga wajib riset terhadap budaya dan aturan yang ada di kota atau tempat kamu tuju. 

Sehingga kamu dapat beradaptasi lebih baik lagi. 

Itulah beberapa pembahasan kali ini terkait backpackeran pemula. Semoga dapat menjadi referensi kamu.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *